Penguatan Konsep Elektrifikasi di Ajang Indonesia Energy dan Engineering (IEE) 2024

Penguatan Konsep Elektrifikasi di Ajang Indonesia Energy dan Engineering (IEE) 2024 - IG Germanyembassy
Penguatan Konsep Elektrifikasi di Ajang Indonesia Energy dan Engineering (IEE) 2024 - IG Germanyembassy

Autogear.id – Mulai menjamurnya ekosistem elektrifikasi, mendorong banyak pihak berfokus pada ranah yang satu ini. Bukan hanya menyentuh sektor otomotif, seperti kendaraan listrik. Sejumlah industri di sektor energi juga turut berfokus ke sana.

Seperti yang tertuang dalam kegiatan pameran Indonesia Energy dan Engineering (IEE). Pameran yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran IEE dalam pelaksanaannya terbagi menjadi dua pekan, yaitu Energy Week pada 28-31 Agustus 2024, dan Engineering Week yang akan terselenggara pada 11-14 September 2024. Keduanya mencakup area yang lebih luas dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu seluas lebih dari 100.000 m2 dengan penambahan area outdoor, serta melibatkan lebih dari 3.800 peserta untuk sembilan pameran.

Dalam pelaksanaannya, khusus Energy Week akan menghadirkan dua pameran dengan tajuk “Smart Urban Development & Sustainable City”. Merupakan kegiatan yang penajamannya mengarah pada sektor kelistrikan dan energi. Dimana dalam hal ini salah satunya diwakili Electric & Power Indonesia.

Country Manager Pamerindo Indonesia, selaku penyelenggara IEE, Lia Indriasari mengatakan, Industri di Indonesia terus berkembang, dan semakin berusaha mencari inovasi lebih jauh untuk menuju era Indonesia yang lebih baik di masa depan.

"Kedua rangkaian pameran Energy Week dan Engineering Week ini kiranya akan berusaha memberikan jawaban atas kebutuhan-kebutuhan tersebut," kata Lia di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024).

Kata Lia lagi, apakah itu kelanjutan dari sisi inovasi teknologi yang lebih ramah lingkungan, ataupun kelanjutan sumber daya manusia untuk industri di masa depan. Begitupula model penyelenggaraan pameran, yang lebih mementingkan unsur sustainability dalam semua aspek. 

“Kami ingin memberi impact lebih besar pada perkembangan industri di Indonesia. Itu hanya bisa terwujud melalui berbagai kolaborasi, baik pemerintah, asosiasi, pelaku industri lokal dan internasional, maupun pelajar sebagai generasi penerus atau young engineer," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini sejalan dengan salah satu target di Indonesia yang tertera dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, yaitu mewujudkan kesinambungan pembangunan melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM), penguasaan teknologi dan transformasi sarana prasarana industri, serta kolaborasi antar sektor pendukung pembangunan.

Pada pelaksanaannya, IEE Series 2024 merangkai berbagai sektor dalam satu pameran melalui program-program yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai minat dan tujuan tiap sektor. Termasuk di dalamnya antara lain business matching, podcast, dan berbagai seminar hybrid yang mencakup topik-topik menarik di setiap industri.

Selain itu, ada seminar kemajuan teknologi panel surya dan tren penunjang kendaraan listrik, atau electric vehicle oleh Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), topik dekarbonisasi, dan efisiensi energi.


(uda)