Skuad Muda Astra Honda Siap Gaspol di ARRC 2024 Seri Mandalika

Skuad Muda Astra Honda Siap Gaspol di ARRC 2024 Seri Mandalika - AHM
Skuad Muda Astra Honda Siap Gaspol di ARRC 2024 Seri Mandalika - AHM

Autogear.id - Gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 Seri 4 bakal berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, NTB akhir pekan ini (27-28/7).

Para pembalap muda Indonesia yang bernaung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) siap tancap gas. Tampil di negeri sendiri, skuad binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini bertekad membawa CBR Series meraih podium tertinggi.

Patut disyukuri, setiap gelaran ARRC 2024, bendera Merah Putih senantiasa sukses dikibarkan para pembalap AHRT. Termasuk pada seri sebelumnya, yang digelar di Motegi, Jepang, Juni lalu.

Kelas Asia Production (AP) 250, M. Kiandra Ramadhipa berhasil membawa CBR250RR tapaki podium tertinggi pada kedua race. Sedangkan Herjun Atna Firdaus meraih podium kedua pada race pertama.

Klasemen sementara kelas tersebut didominasi pembalap AHRT. Ramadhipa paling tinggi dengan total 81 poin. Herjun posisi kedua, dengan total 77 poin. Andalkan performa CBR250RR dan kekuatan kinerja tim, mereka optimistis dapat tampil kian kompetitif.

“Hasil positif di putaran Motegi membuat pede seri Mandalika ini. Saya sudah pahami karakter sirkuit, dan telah mempersiapkan fisik sebaik-baiknya. Akhir pekan ini akan berusaha maksimal memberikan hasil terbaik. Mohon doa dan dukungan,” ujar Ramadhipa.

Senada dengan Ramadhipa, Herjun juga ungkapkan antusiasme melalui berbagai persiapan. “Secara fisik dan mental saya siap menghadapi balapan nanti. Fokus raih poin sebanyak mungkin dan tidak ulangi kesalahan. Memelihara peluang juara AP250 tahun ini,” ucapnya.

Kendati dia sadari, kondisi tunggangannya sedang tidak baik-baik saja. Dimana dia harus menghadapi pengurangan RPM. “Namun saya tetap otimistis dengan CBR250RR, dan kerja keras tim dalam menyiapkan motor terbaik,” ujar Herjun.

Target di Kelas Supersports 600

Mengintip persiapan kelas Supersports (SS) 600 di Mandalika nanti, AHRT diperkuat para pembalap muda unggulan, yakni M. Adenanta Putra, Veda Ega Pratama, dan Rheza Danica Ahrens.

Apalagi sebagai tuan rumah, AHM juga semakin kuat dengan hadirnya Fadillah Arbi Aditama jadi pembalap wildcard kelas SS600. Keempat pebalap akan berjibaku, berupaya mengharumkan nama bangsa. Tambahan kekuatan Arbi diharapkan mampu mendorong pasukan Astra Honda meraih hasil positif bareng CBR600RR.

“Putaran sirkuit Mandalika selalu spesial buat saya. Tahun lalu naik podium, sebagai tahun perdana saya balapan SS600 di Mandalika. Tentu ingin mengulang cerita sukses di negeri sendiri. Beberapa kali balap di Mandalika Racing Series memberi banyak masukan dan pelajaran di sini. Saya optimistis bisa berbuat lebih baik dibandingkan tahun lalu,” ujar Adenanta.

Begitupula dengan Arbi, satu-satunya pembalap Indonesia yang menjadi pembalap regular di ajang kejuaraan FIM JuniorGP 2024. Berbekal pengalaman turun sebagai joki pada ARRC Mandalika 2023, tahun ini dia kembali melesat di sirkuit yang sama. Gunakan motor berkapasitas mesin lebih besar, dibandingkan pada kejuaraan FIM JuniorGP. Tentunya perlu persiapan semakin baik untuk meraih poin.

“Pulang ke tanah air dan balapan di Mandalika, menjadi momen yang sangat saya nantikan. Berusaha tampil terbaik, memberi kenangan bagus untuk semua. Meski tak mudah, karena belum terbiasa balap dengan SS600. Tapi saya akan berusaha tampil sebaik mungkin,” jelas pembalap asli Purworejo, Jawa Tengah itu.

Diketahui, seri keempat AP250 dan SS600 ARRC Mandalika akan berlangsung Sabtu dan Minggu ini, pada pukul 14:30 WITA dan 15:20 WITA. Kedua balapan dapat disaksikan pada channel Youtube Asia Road Racing Championship.


(uda)