DiSus System, Inovasi Teknologi NEV yang Bikin Greget Performa BYD

DiSus System, Inovasi Teknologi NEV yang Bikin Kinclong Performa BYD
DiSus System, Inovasi Teknologi NEV yang Bikin Kinclong Performa BYD

Autogear.id – Bicara teknologi begitu penting pada kendaraan masa kini. Pabrikan otomotif pun berlomba-lomba dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti BYD, perusahaan teknologi global sekaligus produsen kendaraan energi baru atau New Energy Vehicle (NEV) papan atas dunia. Meluncurkan BYD DiSus Intelligent Body Control System (DiSus System) pada 2023 lalu di Shenzhen, Tiongkok.

Diketahui DiSus adalah terobosan teknologi eksklusif untuk NEV, yang meningkatkan dinamika kendaraan, keselamatan, kenyamanan, dan kinerja dalam berbagai kondisi berkendara. Pengembangannya menjadikan BYD pabrikan mobil Tiongkok pertama, yang memiliki seluruh teknologi kontrol bodi smart vehicles.

“DiSus System mewakili langkah signifikan dalam teknologi kontrol bodi kendaraan. Selain meningkatkan pengalaman dalam berkendara, DiSus System juga membuat NEV lebih  nyaman, lincah, aman dan tentunya memperkuat posisi BYD sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi NEV,” ucap President Director PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao dalam keterangan resminya.

Menurutnya kemampuan memperbarui sistem dari jarak jauh (OTA Updates) semakin menegaskan komitmen perusahaan, dalam menyediakan teknologi mutakhir kepada konsumen. BYD percaya, DiSus System dikembangkan agar mampu memaksimalkan performa fitur masing-masing. Sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen berkendara di masa depan,”  lanjutnya.

Optimalkan Kontrol Pergerakan Bodi Menyeluruh

Inspirasi utama BYD dalam pengembangan teknologi ini berasal dari sensasi berkendara ringan, stabil, dan tenang di segala medan. Merupakan sistem suspensi otomatis, secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi jalan.

Menawarkan kontrol kolaboratif dalam dinamika bodi dengan gerakan lateral, memanjang, dan vertikal. Memberikan landasan bagi pengembangan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) ke depannya.

Teknologi ini meminimalisir tiga hal, yaitu Body Roll saat menikung, Pitch pada kendaraan saat berjalan di jalan yang bergelombang, dan getaran yang diterima di kabin kendaraan saat berjalan di jalan tidak rata. Hal ini sangat bermanfaat, terutama ketika kendaraan sedang berada di tikungan dengan kecepatan tinggi, dan situasi pengereman darurat.

Sistem ini terus beradaptasi dengan kondisi jalan serta gaya berkendara, mengoptimalkan pengaturan redaman dan suspensi untuk menghasilkan pengendaraan lebih nyaman, bahkan di permukaan tidak rata.

Lebih jauh lagi, perangkat ini juga meningkatkan pengendalian dan kelincahan kendaraan. Memudahkan pengemudi menavigasi tikungan, serta menjaga kontak ban secara optimal dengan jalanan. Dirancang untuk beradaptasi dengan gaya dan preferensi berkendara individu. Pengemudi dapat menyesuaikan pengaturan sistem melalui interface yang intuitif.

DiSus System Topang Kenyamanan yang Terkoneksi Smartphone 

Teknologi canggih ini dimiliki unit premium BYD seperti Yangwang U8. Berfungsi seperti menaikan dan mengatur kekerasan suspensi, penyesuaian redaman serta camping levelling (perataan kabin saat mobil dalam keadaan menanjak).

Perjalanan lebih nyaman menggunakan suspensi aktif, terintegrasi dengan sensor dan kamera. Memantau keadaan jalan secara otomatis. Sistem ini mendukung ADAS, dan adaptasi dengan beberapa mode berkendara untuk mencapai ultimate comfort.

Kehadiran teknologi ini tawarkan berbagai mode, termasuk mode comfort dan sport. Saat mengaktifkan mode comfort, terjadi penyesuaian suspensi, mengoptimalisasi kenyamanan di dalam kabin. Dalam mode sport, suspensi tingkatkan handling penambah adrenalin saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Sensor dan kamera pada fitur ini mengetahui medan, rintangan serta melihat keadaan jalan sejauh 150m melalui akurasi deteksi kurang lebih 3mm, dari setiap sisi bodi mobil. Sekaligus memberikan reaksi akurat hingga sekitar 99%.

Dalam pengendalian .DiSus System juga kian mudah dengan akses ke berbagai device seperti smartphone, PAD/head unit dan voice intelligent. Juga memiliki kontrol mutakhir pada body roll kanan kiri, serta tekanan suspensi, disertai getaran vertikal.

Yangwang U8 memiliki offroad performance yang menjadi sorotan utama. Berkemampuan angkat beban sebesar lima ton. Bobot EV tersebut sebesar 3.460 Kg/3,5 ton, DiSus System bisa mengangkat beban seberat 5 ton. Bisa bekerja dengan tekanan hingga 53MPa. Memiliki ketahanan suhu dari -40 derajat hingga 85 derajat celcius.

Mobil ini juga dilengkapi IP68, memberi ketahanan terhadap debu dan air hingga satu meter selama 30 menit. Terdapat durabilitas suspensi dalam keadaan ekstrem. Dari titik tertinggi 200mm hingga ke paling rendah 120mm secara tiba-tiba hingga lebih dari 300.000 kali. Melebihi durabilitas keadaan suspensi pada umumnya.


(uda)