Autogear.id – Mazda memperkenalkan mobil listrik pertamanya, MX-30. Peluncuran SUV listrik ini diumumkan di Mazda Indonesia Headquarters. “Kami rancang Mazda MX-30 bukan sekadar mobil listrik, tetapi juga mitra dalam berkendara sehari-hari,” kata Chief Operating Officer (COO) PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Ricky Thio.
Menurut Ricky, dengan filosofi Jinba-Ittai yang memprioritaskan kesatuan antara pengemudi dan kendaraannya, serta Kodo Design yang berpusat pada manusia, secara minimalis dan elegan.
Setiap detail Mazda MX-30 lanjut Ricky dibuat begitu cermat, agar perjalanan terasa lebih personal. “Sebuah kendaraan yang semakin sering digunakan, kian terasa keunikan dan kenyamanannya, seolah menjadi bagian dari diri pengemudi,” ujarnya.
Desain Berpusat pada Pengguna
Filosofi Kodo Design, tersaji secara sempurna dalam kendaraan ini. Tampilan luar mobil listrik ini paduan antara kekuatan dan kesederhanaan, tak lekang oleh waktu. Aksen sederhana ibarat kanvas bagi pengemudi, untuk mengekspresikan gaya unik mereka.
Bagian depan dan belakang punya tampilan minimalis, desain lampu seolah terpahat (sculpted), menambah vitalitas pada eksterior yang kokoh. Salah satu fitur menarik, Freestyle Doors, dirancang dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanan, mendukung pergerakan penggunanya.
Desain pintu ini memungkinkan penumpang untuk memiliki akses yang lapang, buat keluar-masuk kendaraan. Selain itu, model kendaraan ini tampil dengan pilihan perpaduan dua warna, semakin menonjolkan kabin ala coupe.
Interior berbahan cork, secara langsung dapat membantu pengurangan zat emisi karbon dalam proses pemanenan material mentahnya. Lapisan cork diaplikasikan untuk meningkatkan keindahan gabus. Sekaligus memastikan daya tahan untuk penggunaan di dalam mobil. Pemilihan material gabus tak lepas dari sejarah Mazda, berdiri pada 1920 sebagai Toyo Cork Kogyo, merupakan produsen gabus.
Mazda juga menunjukkan komitmen keberlanjutan melalui pemakaian Breathing Fabric, kain terbuat dari daur ulang botol plastik (recycled plastic bottle), yang telah didesain khusus untuk dipasang di bagian atas trim pintu. Juga menggunakan 20 persen benang daur ulang (recycled threads) pada bagian kursi mobil. Merupakan rasio terbilang tinggi, untuk penggunaan di pasar otomotif sekarang.
Untuk menggugah rasa nyaman seolah dipeluk kemewahan elegan, joknya bahan Premium Vintage Leatherette. Kulit vegan kualitas tinggi pola vintage, serta penggunaan lapisan silikon yang tepat untuk menawarkan tekstur mewah dan nyaman saat disentuh.
Pengemudi dimanjakan desain floating console, memudahkan pengendalian dan display layar sentu, mengontrol temperatur kabin kendaraan. Audio system dari Bose siap menemani perjalanan, dengan 12-speaker penghasil kualitas suara optimal.
Kelapangan ruang bagasi dirancang sesuai karakter postur tubuh manusia. Memastikan kemudahan dalam proses memuat dan membongkar bagasi yang berat sekalipun.
Harmoni Jinba-Ittai dan Teknologi Modern
Baterai mobil ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari, dengan ukuran yang pas. Dengan Skyactiv Vehicle Architecture, performa dan pengalaman mengendarainya akan semakin meningkat.
Memiliki rangka dasar terhubung ke berbagai arah, menjadikannya kokoh, lincah dan responsif. Menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan, dan torsion beam di bagian belakang.
Mazda MX-30 menggunakan e-Skyactiv dengan motor yang menghasilkan 107 kW (145 ps) dan torsi 271 Nm. Memiliki port pengisian cepat CCS2, dan baterai lithium-ion kapasitas 35,5 kWh, menawarkan jarak tempuh hingga 200 km (WLTP).
Fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) memastikan stabilitas kendaraan, menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. Selain itu, Paddle pada setir memberi kontrol halus dan responsif, sehingga akselerasi dan deselerasi terasa lebih intuitif.
Ketenangan dalam Berkendara
Prioritas keselamatan pengguna, dengan kombinasi ideal antara fitur Passive Safety dan teknologi i-Activsense canggih. Dilengkapi kantung udara (airbag) ganda di bagian depan, samping, tirai, dan lutut pengemudi untuk perlindungan menyeluruh.
Teknologi i-Activsense dirancang untuk mencegah kecelakaan dan mitigasi kerusakan. Mulai dari Smart Brake Support (SBS), Adaptive LED Headlights (ALH), High Beam Control (HBC), 360° View Monitor, Front Cross Traffic Alert (FCTA), dan Blind Sport Monitoring (BSM).
Ada juga fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Traffic Jam Assit, Driver Attention Alert (DAA), Driver Monitoring, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), dan lainnya. Untuk harga, mobil ini dibanderol Rp860 juta on the road Jakarta (termasuk perangkat wall-charger dan portable-charger, tidak termasuk biaya pasang).
(uda)