Intip Spek Popemobile yang Digunakan Paus Fransiskus di Indonesia

Intip Spek Popemobile yang Digunakan Paus Fransiskus di Indonesia
Intip Spek Popemobile yang Digunakan Paus Fransiskus di Indonesia

Autogear.id - Paus Fransiskus sudah tiba di Indonesia, dan dijadwalkan akan melakukan misa besar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 5 September 2024. Persiapan di Gelora Bung Karno juga telah mulai dilakukan, menyambut imam besar bagi umat kristiani di dunia ini.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari kunjungan Paus ke negara-negara yang disinggahinya adalah kehadiran popemobile. Nah, dalam kunjungannya di Indonesia kali ini, 1 (satu) unit popemobile sudah disiapkan, dengan mengambil basis kendaraan Pindad Maung MV3.

Layaknya popemobile, jelas saja ada penyesuaian spesifikasi dari mobil istimewa ini. Maung MV3 produksi PT Pindad sudah mengalami sejumlah modifikasi, untuk kebutuhan Paus Fransiskus yang menjalani proses kunjungannya di Indonesia mulai tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Perlu diketahui, secara dimensi kendaraan, Maung MV3 memiliki panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.820 mm. Mobil ini di cat putih polos, kemudian terdapat bendera di depannya.

Lantas, bagian atap mobil ini dibuat melambung tinggi, dan menggunakan bak belakang semi terbuka. Tempat ini diyakini akan menjadi lokasi Paus Fransiskus untuk menyapa para umatnya di Indonesia. Desain tersebut juga khas seperti Popemobile lainnya.

Tak hanya untuk mengangkut Paus Fransiskus, bak belakang juga bisa diisi beberapa orang, termasuk para pasukan pengamanan dari Vatikan. Mengintip sektor performanya, Pindad menggunakan mesin diesel 2.200 cc, menyematkan tenaga 199 daya kuda dan torsi 441 Nm.


(uda)