Autogear.id: Toyota Indonesia mengakui peluncuran produk baru secara virtual melalui streaming di channel sosial media ternyata cukup efektif. Pasalnya, saat ini konsumen pada dasarnya juga sudah terbiasa mencari informasi lewat platform digital.
Hanya saja, satu kekurangan yang memang tak bisa tergantikan adalah baik konsumen ataupun wartawan tidak bisa melihat langsung wujud dari produk yang diluncurkan.
Beberapa waktu lalu, Toyota Astra Motor untuk pertama kalinya melakukan peluncuran produk yaitu New Agya secara virtual tepatnya tanggal 19 Maret lalu. Hal ini dikarenakan himbauan pemerintah untuk tidak mengadakan kegiatan yang mendatangkan banyak orang sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19 (Korona).
"Sebenarnya cukup efektif. View pas live itu mencapai 1000. Kalau nggak salah 3 hari kemudian menjadi 9000 viewer. Cuma ya itu, mobil biar gimana juga kan harus liat langsung. Jadi ada sedikit kegaringanlah," ujar Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska kepada Autogear, Rabu (1/4/2020).
Dimas menambahkan, dengan himbauan seperti Work From Home (WFH) serta Social Distancing, maka yang menjadi tantangan adalah bagaimana Toyota memaksimalkan ketersediaan informasi sebanyak mungkin di setiap platform digital. "Jadi web kita sudah harus siap dan layanan digital seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan," sambung Dimas.
Ke depannya Toyota akan berencana mengkombinasikan strategi peluncuran virtual dengan peluncuran secara langsung. "Apa yang sudah kita pajari sekarang. Kenapa enggak kita kombinasiin nanti. Kita nggak bisa pungkiri juga, orang juga harus make sure saat melihat dan mencoba mobilnya. Akan kita kombinasiin, jadi yang kemarin jadi pertimbangan ke depan melengkapi yang ada," bebernya.
Selain Toyota, beberapa brand otomotif lain juga melakukan peluncuran secara virtual. Seperti Daihatsu lewat peluncuran New Ayla dan Sirion, serta Morris Garage yang memperkenalkan SUV MG ZS juga via live streaming.
(uda)