Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan STNK, Ini yang Dilakukan Auto2000

Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan STNK, Ini yang Dilakukan Auto2000
Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan STNK, Ini yang Dilakukan Auto2000

Autogear.id – Terkait uji emisi kendaraan bermotor, kelihatannya pemerintah Provinsi Jakarta akan kembali menggiatkannya, terutama untuk kendaraan pribadi. Malah ada kabar uji emisi akan menjadi syarat perpanjangan STNK kendaraan bermotor.

Uji emisi gas buang dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun, yang dilaksanakan di Tempat Uji Emisi dan dilakukan oleh Teknisi Uji Emisi. Sasaran uji emisi meliputi mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor.

Terkait uji emisi, merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kualitas kinerja mesin kendaraan. Uji emisi mesin bensin berfokus pada kadar HC (Hidrokarbon) dan CO (Karbon Monoksida) yang meningkat, jika pembakaran mesin kurang sempurna. Uji emisi mesin diesel berfokus pada tingkat kepekatan (opasitas) gas buang, yang akan semakin tinggi ketika mesin bermasalah.

“Bengkel Auto2000 menjadikan uji emisi sebagai bagian dari servis berkala, untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima. Uji emisi tidak dipungut biaya saat melakukan servis berkala, di bengkel Auto2000 di seluruh Indonesia. Jika belum lulus uji emisi, Service Advisor (SA) akan memberikan saran perbaikan berdasarkan kondisi kesehatan mesin mobil pelanggan,” jelas Chief Marketing Auto2000, Yagimin, beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, pelanggan tetap dapat melakukan uji emisi mandiri di bengkel Auto2000 tanpa perlu menunggu waktu servis berkala. Khususnya ketika masa berlaku lulus uji emisi sudah habis, dan ingin memperpanjang STNK.

Untuk uji emisi mandiri, Auto2000 mengenakan biaya berkisar Rp 163.000 di Jakarta. Dimana harga tersebut dikatakan Yagimin dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan PPN dan pertimbangan faktor lainnya.

Pada pelaksanaannya, di luar proses administrasi, uji emisi di bengkel Auto2000 tak memakan waktu lama. Dilanjutkan memasukkan data hasil uji ke pihak terkait. Jika belum lulus uji emisi, SA akan menyarankan perbaikan yang dibutuhkan. Karena tidak masuk servis berkala, biaya jasa dan suku cadang pengganti merupakan tanggung jawab pelanggan.

“Intinya Auto2000 membuat urusan Toyota lebih mudah. Sebagai member of Astra memberikan layanan uji emisi untuk mobil Toyota segala usia. Dalam mendukung upaya Pemprov Jakarta menurunkan tingkat polusi udara, yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan bermotor,” tutup Yagimin.


(uda)