Autogear.id – Setelah menghadirkan empat model sepeda motor listrik, lengkap dengan ekosistem layanannya, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya mengimbangi, dengan edukasi keselamatan berkendara menggunakan motor listrik.
Sepanjang 2024, sedikitnya 2.558 peserta dari berbagai daerah mendapatkan pelatihan berkendara oleh instruktur safety riding Honda.
Tak hanya memperkaya pengetahuan keselamatan berkendara dengan motor listrik, tujuannya juga menghadirkan keselamatan dan kenyamanan berkendara di Indonesia.
Dalam pelaksanaannya, produsen roda dua ini berhasil pula mengedukasi 132.900 peserta pada 2.836 kegiatan selama 2024.
Selama kegiatan, para instruktur juga berkolaborasi dengan berbagai stakeholder seperti kepolisian di 29 daerah, dalam memberi edukasi waspada di wilayah area blackspot.
Menyangkut inovasi kampanye keselamatan berkendara, AHM tahun ini juga menghadirkan program Ambassador Traffic Safety.
Bekerja sama dengan Universitas Indonesia, lima ambassador terpilih berperan sebagai inisiator keselamatan berkendara di lingkungan universitas.
Di samping itu, delapan Safety Riding Center dan AHM Safety Riding Park juga turut mengkampanyekan keselamatan berkendara. Lewat kegiatan ‘Cari Aman Skill Competition’.
Kompetisi yang berlangsung pada bulan November tersebut, mengundang masyarakat yang telah mendapat edukasi. Seperti perwakilan perusahaan, komunitas motor Honda, guru sekolah binaan, serta perwakilan Dinas Perhubungan.
Beragam materi teknik berkendara dihadirkan para instruktur safety riding Honda. Meliputi mental sebagai pengguna jalan, hingga teknik berkendara motor listrik.
Para peserta edukasi mendapatkan pembekalan seperti tips dan trik berkendara aman hingga mindset berkendara.
Adapun pada edukasi safety riding menggunakan motor listrik, para peserta mendapatkan pemahaman seputar fitur hingga karakter berkendara motor listrik.
General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, komitmen dalam edukasi keselamatan berkendara konsisten mereka lakukan, sebagai tanggung jawab perusahaan.
Edukasi kepada berbagai lapisan masyarakat menjadi salah satu cara, untuk menghadirkan masyarakat yang peduli keselamatan berkendara di setiap generasi.
“Perkembangan teknologi sepeda motor juga menjadi parameter kami, dalam mengembangkan materi edukasi safety riding. Kami mengajak masyarakat, bersama-sama menghadirkan keselamatan dan keamanan berkendara di Indonesia," ujarnya.
Para instruktur safety riding Honda sepanjang 2024 berhasil mengedukasi 86.515 anak-anak hingga pelajar sekolah, melalui 1.433 kegiatan.
Sebanyak 48.943 kategori peserta dewasa, mulai dari mahasiswa hingga karyawan perusahaan, mendapat edukasi melalui 1.468 kegiatan.
Diakui AHM, sejauh ini kegiatan edukasi yang dilakukan para instruktur safety riding-nya juga dihelat di lokasi peserta edukasi. Mulai dari sekolah, cafe, dan lingkungan perusahaan penerima edukasi.
(uda)