Cegah Kecelakaan, Begini Pelatihan Motor-Motoran Cari Aman di Jalan

Cegah kecelakaan, begini pelatihan motor-motoran cari aman di Jalan - WMS
Cegah kecelakaan, begini pelatihan motor-motoran cari aman di Jalan - WMS

Autogear.id – Mencegah risiko kecelakaan lalu lintas di jalan, sekitar 500 anggota komunitas motor Honda di wilayah Jakarta-Tangerang telah mengikuti pelatihan berkendara aman dan nyaman alias safety riding “Cari Aman”, periode Januari - Mei 2024. Pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan perilaku safety riding sehari-hari bagi teman-teman komunitas motor Honda.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani mengungkapkan, sekitar 500 anggota ikut pelatihan safety riding tersebut. Mereka berasal dari perwakilan Asosiasi Honda Jakarta (AHJ), dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).

Belum lama ini, puluhan anggota komunitas motor Honda juga mengikuti pelatihan safety riding, dalam acara bertajuk “Morning Gathering Motor Listrik Honda (Monalisa) EM1” di Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Banten, akhir bulan lalu. Dalam kesempatan tersebut, para peserta juga mengikuti test ride motor listrik Honda EM1.

Tiga Materi Cari Aman

Agus Sani menjabarkan, dalam kegiatan tersebut terdapat tiga materi pelatihan, yang menjadi acuan pelaksanaan safety riding.  Tiga materi tersebut diberikan kepada komunitas motor Honda, dimana ketiganya adalah materi berkendara pemula, menengah, dan andal.

“Berkendara pemula lebih fokus pada belajar prediksi bahaya dan cari aman. Berkendara menengah lebih ke skill berkendara, seperti pengereman, zig-zag, dan keseimbangan. Sementara itu, berkendara andal lebih ke skill dengan tingkatan yang lebih sulit daripada menengah,” papar Agus Sani.

Cara Daftar Pelatihan Safety Riding

Agus Sani mentakan, bagi komunitas atau konsumen motor Honda yang ingin belajar berkendara aman, serta mengetahui lebih dalam tentang safety riding, bisa menghubungi Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center yang berlokasi di Jatake, Tangerang, Banten. Adapun metode lainnya, konsumen motor Honda bisa mendaftar melalui linktr.ee/safetyridingcenterwms.

“Dengan mengetahui cara berkendara aman, kita bisa menimimalisir terjadinya kecelakaan pada diri sendiri, saat berkendara di jalan raya dan juga pengguna jalan lain. Jangan lupa selalu Cari Aman saat mengendarai motor,” pesannya.


(uda)