Turboism Merdeka Ride, Touring Merdeka Nmax Turbo dan Neo

Turboism Merdeka Ride, Touring Merdeka Nmax Turbo dan Neo
Turboism Merdeka Ride, Touring Merdeka Nmax Turbo dan Neo

Autogear.id - Segenap penjuru wilayah tanah air merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, lewat beragam aktivitas. Bagi bikers Yamaha, touring menjadi salah satu pilihan untuk memeriahkannya.

Seperti di area Jawa Tengah (Jateng), beberapa hari lalu (18/8). Puluhan konsumen Nmax Turbo dan Neo bergabung dalam Turboism Merdeka Ride. Mereka adalah pembeli asal Klaten, Wonogiri, Solo, dan Karanganyar. Bareng-bareng mengendarai skutik teranyar Maxi Yamaha, mengambil titik start dari Stadion Manahan, Solo, Jateng, melewati Karanganyar dan Tawangmangu, Jateng.

”Memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Yamaha DDS 3 menggelar Turboism Merdeka Ride. Diikuti puluhan konsumen Nmax Turbo dan Neo dari sejumlah wilayah Jateng. Terasa istimewa, karena menggunakan matik Maxi Yamaha terbaru. Ini wujud apresiasi kepada konsumen yang telah mempercayakan aktivitas berkendara memakai line up Nmax terbaru,” ungkap Chief Yamaha DDS 3 (Jateng dan Yogyakarta), Bill Gunawan.

Lanjut Bill, keunggulan varian baru ini sukses memikat konsumen, yang menginginkan motor berkualitas dan berteknologi terkini. “Pengguna makin bangga dan percaya diri mengendarainya. Karena dibekali ragam sentuhan pembaharuan, baik desain, fitur, maupun performa mesin,” tukasnya.

Teknologi YECVT Tawarkan Sensasi Turbo

Diketahui, motor ini dikembangkan dengan konsep Evolution Fun Tech X Prestige X Sporty. Diklaim sebagai perpaduan nilai-nilai premium berteknologi canggih, mendukung passion berkendara.

Sementara Fun Tech, merujuk pada kehadiran teknologi terbaru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). Teknologi yang memberikan pengalaman berkendara menyenangkan, dengan menyodorkan sensasi Turbo.

Teknologi YECVT ini menggantikan sistem CVT konvensional. Membuat Nmax Turbo tipe tertentu memiliki fitur Riding Mode, dengan 2 mode berkendara. Yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Keduanya dioperasikan melalui tombol Mode, pada bagian depan stang kemudi kiri.

T-Mode sendiri cocok untuk mobilitas harian dalam kota. Karena karakter berkendara lebih smooth serta hemat bahan bakar. Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring, menawarkan akselerasi berkendara lebih responsif.

Selain Riding Mode, YECVT juga tawarkan fitur lain berupa Y-Shift. Tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Fitur ini mampu memberi sensasi berkendara berbeda, karena fungsinya membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo. Mengusung 3 tingkatan kecepatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

Pada praktiknya, 3 tingkatan itu cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, lewati tanjakan, atau berkendara tandem. Tak hanya akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk deselerasi kecepatan motor, ketika di turunan atau saat masuk tikungan (cornering).

Mesin Blue Core Masih Mempesona

Keunggulan lain yang menjadi daya tarik tentunya mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. Dikatakan memiliki torsi merata di setiap putaran mesin, dengan jantung pacu menghasilkan tenaga optimal 11,3 kW/8.000 Rpm dan torsi optimal 14,2 Nm/6.500 Rpm.

Berdasarkan hasil pengetesan internal menggunakan mode berkendara S, motor ini sanggup berakselerasi lebih cepat, menempuh jarak 200 meter. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, dengan selisih jarak 9,2 meter.

Selain fitur terkait mesin, untuk memberi pengalaman berkendara yang berbeda, motor premium ini juga menyematkan fitur Dual Channel ABS untuk varian tertentu. Lalu fitur Traction Control System, Rear Sub Tank Suspension dan ban Tubeless bertapak lebar.


(uda)