SMK Negeri 1 Lingsar, Lombok, NTB Ikut Shell Eco-marathon Mandalika Kategori Prototype

Selandir Eco Team, SMK Negeri 1 Lingsar, Lombok, Nusa Tenggara Barat turut menjadi salah satu peserta - Shell
Selandir Eco Team, SMK Negeri 1 Lingsar, Lombok, Nusa Tenggara Barat turut menjadi salah satu peserta - Shell

Autogear.id - Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, resmi dimulai Rabu (3/7/2024). Berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 3-6 Juli 2024.

Diikuti 78 tim dari 12 negara, untuk kompetisi kendaraan hemat energi. Diadakan di Indonesia selama tiga tahun terakhir, kompetisi regional ini mempertemukan pelajar dari Asia dan Timur Tengah.

Sebagai tuan rumah, Indonesia kembali mengirim lebih dari 40 tim pelajar. Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara yang mengirim peserta terbanyak di ajang Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024.

Regional Head of Corporate Relations Northeast and Southeast Asia Shell, Sahala Sianipar mengatakan, program ini mendorong generasi muda berbakat di seluruh dunia, untuk menjadi pemimpin masa depan, dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).

Mereka didorong untuk merancang, membangun, dan menguji kendaraan hemat energi yang diharapkan dapat menciptakan solusi transportasi yang inovatif. “Kami percaya, dengan tekad dan kerja keras, para pelajar dapat mencapai hal-hal luar biasa untuk negara masing-masing,” ujar Sahala.

Pada Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, pelajar berkompetisi untuk menciptakan mobil hemat energi yang mereka rancang dan bangun dalam dua kategori, yakni Prototype dan Urban Concept.

Kategori Prototype berfokus pada desain kendaraan ultra-efisien dan ringan, biasanya beroda tiga yang bertujuan untuk mengurangi hambatan serta memaksimalkan efisiensi sumber energi.

Sementara itu, kategori Urban Concept merupakan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat energi sesuai kebutuhan transportasi. Peserta kemudian dapat memilih salah satu dari tiga jenis sumber energi yang dikompetisikan; yaitu baterai elektrik, bahan bakar hidrogen, dan mesin pembakaran internal (bensin, etanol dan/atau diesel).

Untuk dapat berkompetisi di ajang Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, setiap tim harus melewati serangkaian inspeksi teknis (technical inspection). Termasuk keamanan, sebagai syarat wajib untuk dapat lolos berlaga di sirkuit.

Tim yang lolos inspeksi teknis akan bertanding di dua kategori kelas kendaraan, Prototype dan Urban Concept, untuk menentukan tim peserta yang mampu menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar yang paling hemat.

Tahun ini, Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 tidak hanya diikuti oleh tim pelajar yang pernah mengikuti kompetisi di tahun sebelumnya.

Melainkan tim pelajar baru lainnya juga turut berpartisipasi untuk pertama kalinya. Seperti Selandir Eco Team dari SMK Negeri 1 Lingsar, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada kategori Prototype, dengan menggunakan sumber energi baterai elektrik.

Dalam kegiatan Shell Eco-marathon, para peserta berlomba menunjukkan karyanya dalam menghadirkan kendaraan dengan tingkat efisiensi energi yang lebih tinggi.


(uda)