Autogear.id: Toyota resmi meluncurkan New Agya dengan tampilan dan fitur yang semakin menyesuaikan kebutuhan konsumen muda. Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, sesi peluncuran dilakukan secara online via live streaming, Kamis (19/3/2020) demi menekan penyebaran Corona.
Vice President Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan Toyota Agya merupakan produk penting bagi Toyota. Sejak 2013, Agya menjadi bukti komitmen Toyota dalam memberikan lebih banyak pilihan solusi mobilitas kepada pelanggan, khususnya generasi muda atau mereka yang ingin memiliki mobil pertama.
“Kami berharap kehadiran New Agya yang tampil makin sporty dan dilengkapi dengan advance features ini dapat makin menguatkan perannya sebagai mobil pertama pelanggan di Indonesia,” kata Henry Tanoto.
New Agya tampil lebih sporty dan agresif dengan perubahan eksterior yang terlihat dari New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element, New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide, New Sporty Alloy Wheel Design, New Retractable Side Mirror, New Impressive Design Rear Lamp, hingga New Side Body Moulding untuk varian 1.2 G.
Sementara pada varian 1.2 TRD S, New Agya dilengkapi dengan New TRD S Front Spoiler, New TRD S Side Skirt, serta New TRD S Black Rear Spoiler yang semakin menguatkan kesan sporty. New Agya tampil dengan berbagai pilihan warna, dimana warna Silver Metallic dan Yellow mengalami refreshment, serta hadir dengan pilihan warna baru yaitu Orange Metallic.
Pada sisi interior New Agya, sentuhan penyegaran diberikan lewat fitur berkelas seperti New Engine Start Stop Button dan New Touch Screen Head Unit pada varian 1.2 TRD S. Tidak hanya itu, interior New Agya varian 1.2 G dan 1.2 TRD S juga dilengkapi dengan New Center Cluster with Digital AC. Fitur-fitur yang cukup mewah tersebut membuat Agya saat ini terkesan meninggalkan statusnya sebagai LCGC.
“Pada dasarnya konsep pengembangan New Agya mengikuti perkembangan kebutuhan mobilitas pelanggan Agya yang mayoritas adalah anak muda modern. Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Agya lebih sporty dan agresif,” terang Marketing Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Sejak pertama kali hadir di pasar Indonesia sejak 2013, Agya mendapat penerimaan positif dari konsumen. Di segmen hatchback, dari tahun 2013 hingga Februari 2020 penjualan sebesar 841.572 unit, dan Agya berkontribusi 33,1% dengan total penjualan 278.465 unit. Di Indonesia, Agya bersaing dengan beberapa model lainnya seperti Daihatsu Ayla, Honda Brio, serta Kia Picanto.
Harga New Agya:
1.0 G M/T 143.800.000
1.2 G M/T 148.100.000
1.2 G M/T TRD 153.445.000
1.0 G A/T 156.710.000
1.2 G A/T 161.640.000
1.2 G A/T TRD 169.290.000
(uda)