Autogear.id: Suzuki Indonesia menjadi pihak yang paling dirugikan atas informasi hoax perihal pesan berantai (broadcast message) dari situs s.id/SuzukiPeduliCovid yang berisikan program-program yang ditawarkan Suzuki.
Merespon kabar hoax yang sudah kadung beredar, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya merilis keterangan resmi kalau program tersebut bukan dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS sehingga setiap informasi yang terdapat dalamnya sama sekali tidak benar.
"Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli Covid’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatakan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut. Kami selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua diler, website maupun media sosial," jelas keterangan Suzuki.
Menanggapi informasi bohong yang merugikan Suzuki, PT SIS telah membuat laporan pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. "Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoax tersebut,” terang 4W, 2W, Marine bService Director PT SIS, Riecky Patrayudha.
Pesan hoax yang tersebar menawarkan perawatan mobil secara gratis meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer. Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.
(uda)