Industri Otomotif

Evolusi Mitsubishi Triton Selama 18 Tahun di Indonesia

Terus berevolusi di tiap generasi, Mitsubishi Triton eksis 18 tahun di Indonesia. mmksi
Terus berevolusi di tiap generasi, Mitsubishi Triton eksis 18 tahun di Indonesia. mmksi

Autogear.id: Kendaraan pick up double cabin, Mitsubishi Triton memiliki sejarah panjang di industri otomotif Indonesia. Hingga saat ini, Triton sudah 18 tahun eksis di Indonesia dan mendominasi segmennya hingga 63,8% secara wholesales sejak Januari hingga Juni 2020.

Pada Juli 2019 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi New Triton ke pasar otomotif Indonesia dengan peningkatan pada durabilitas, keandalan dan kenyamanan atas pengalaman dan teknologi pengembangan lebih dari 40 tahun sejak pertama kali diluncurkan. 

Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Ryoichi Inaba menjelaskan bahwa Mitsubishi Triton memiliki peran penting bagi beragam industri di Indonesia, termasuk sektor Pertambangan, Minyak dan Gas serta Perkebunan. 

"Ketangguhan dan keandalannya terbukti telah dipercaya oleh penggelut bisnis hingga segmen hobi dengan populasi lebih dari 117,000 unit sejak pertama kali dihadirkan di Indonesia sejak tahun 2002 hingga saat ini. Dengan performa dan teknologi yang telah semakin disempurnakan hingga kehadiran New Triton pada tahun 2019, diharapkan Mitsubishi Triton dapat terus menjadi andalan untuk melibas berbagai medan,” ungkap Ryoichi Inaba.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002, pesaing Toyota Hilux, Isuzu D-Max, dan Nissan Navara ini terus berevolusi dan beberapa kali mengalami pengembangan produk, baik perubahan fitur dan model.

Mitsubishi L200 Strada (2002)

Ini adalah generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang hadir di Indonesia pada tahun 2002. Wujud Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan bentuk double cabin. Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5L dengan teknologi Turbo Intercooler. Strada L200 menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis. Ternyata dengan bekal ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan off-roader. 

Mitsubishi Strada Triton (2008)

Pada tahun 2008 Mitsubishi Motors menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total. Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Di awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta menambahkan tipe baru yaitu GLS AB Double Cabin dengan tambahan Airbag dan Rem ABS, sekaligus memperkenalkan fitur modern Easy Select 4WD.

Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)

Enam tahun berselang, lahir generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power pada 2014 di Indonesia yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.

Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi. Kendaraan Double Cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 km/jam).

Mitsubishi Triton (2015)

Diluncurkan pada tahun 2015, generasi baru dengan nama Mitsubishi Triton diluncurkan dengan mengusung tagline “Sport Utility Double Cabin” dengan 4 konsep: Modern, Fungsional, Handal dan Nyaman. Triton juga mengunggulkan desain bak cargo yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Untuk area mesin, Triton ini masih menggunakan mesin 4D56 2.5L 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT. Tenaganya mampu menghasilkan 178 hp pada 4000 rpm dan torsi 40.8 kgm di 2000 rpm. Triton ini mengalami peningkatan pada torsi dibandingkan pendahulunya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1800 – 3500 rpm. Untuk fitur safety juga sudah dilengkapi SRS Airbag, immobilizer, collapsible steering column, ABS – EBD dan sasis dilengkapi Reinforced Impact Safety Evolution untuk menyerap energi benturan demi melindungi penumpang.

Mitsubishi Triton Athlete (2018)

Varian Triton Athlete ini diluncurkan untuk pehobi off-road. Tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Triton Athlete hadir dengan penyegaran utama dari segi tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty dan stylish serta tangguh untuk berpetualang. Kenyamanan disuguhkan melalui keyless operation system, push start button dan leather seat material + power seat dengan paduan aksen hitam dan oranye pada interior.

Pada sisi eksterior Triton Athlete menawarkan penyegaran pada desain, seperti Sporty Black Grille; Stylish Sporty Bar; Aggressive 17-inch Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, dan Stylish HID Headlamp with DRL.

Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu berkode 4D56, mesin 2.5L dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 HP dan 400 Nm. Mesin dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 5-percepatan. 

Mitsubishi New Triton (2019)

Setahun berikutnya, MMKSI menghadirkan penyegaran terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kendaraan ini sudah memiliki tampilan yang lebih segar berkat desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors. 

Selain wajah baru, Mitsubishi New Triton ini juga punya mesin baru yakni mesin berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport. Mesin ini berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, MIVEC, turbo (VGT) +intercooler. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 181 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6 percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis.

New Triton hadir dengan enam varian, mulai dari varian tertinggi yakni Ultimate AT Double Cabin 4WD dan dibawahnya ada varian Exceed MT Double Cabin 4WD. Untuk dua varian double cabin lainnya yaitu GLS MT Double Cabin 4WD dan varian HDX MT Double Cabin 4WD. Sementara untuk dua varian yang mempunyai single cabin yaitu HDX MT Single Cabin 4WD dan GLX HR MT Single Cabin 2WD. 

Seluruh varian Mitsubishi Triton diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors di Laem Chabang, Thailand. Mitsubishi Triton di Indonesia sendiri berhasil meraih penjualan terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen. 


(uda)