Dakar Rally 2022

Regulasi Dakar 2022 Berubah, Al-Attiyah Mengaku Lebih Lega

NasserAl-Attiyah merasa lebih lega karena regulasi Dakar Rally kini lebih imbang. RedBull CP
NasserAl-Attiyah merasa lebih lega karena regulasi Dakar Rally kini lebih imbang. RedBull CP

Autogear.id - Beberapa tahun belakangan sebelum Dakar Rally Arab 2022, penyelenggara event Amaury Sport Organisation (ASO) dan FIA selalu dihujani kritik untuk menyamakan menyeimbangkan regulasi antara spek kendaraan di ajang tersebut. Ancaman beberapa pereli kawakan pun akhirnya terkabulkan, lantaran tahun ini regulasi benar-benar dibuat merata.

Salah satunya adalah regulasi teknis kendaraan yang menurut Nasser Al-Attiyah lebih menguntungkan mobil berpenggerak 4x2 dan mobil-mobil buggy. Terutama untuk penggunaan suspensi long travel yang jaraknya lebih tinggi, kemudian ukuran ban yang lebih besar.

Dari sisi kemampuan di medan berat seperti gurun pasir, secara otomatis membuat mobil ini bisa lebih mudah melewati tantangan. Lantaran lebih tinggi, dan ban lebih besar artinya dalam hal top speed dan torsi pun pasti akan lebih besar. Mobil jenis berpenggerak 4x2 dipastikan lebih ringan dari sisi bobot dan ini menjadi keuntungan tersendiri di mobil tersebut.

Baca Juga:
Harga Nyaris Setengah Miliar, Apa Istimewanya Vespa 946 Christian Dior?

"Saya sudah menegaskan tak bakal ikut lagi di ajang Dakar Rally jika regulasinya seperti itu. HIngga akhirnya keluhan beberapa pereli ini terutama yang menggunakan mobil berpenggerak 4x4, dikabulkan oleh ASO dan FIA. Sekarang teknologi ban, ketinggian suspensi dan teknologi sama, jadi saya bisa sedikit lega," klaim Attiyah di sesi rest day pada Sabtu (8/1/2022).

Hal lain yang juga banyak dikeluhkan pereli lainnya adaah soal roadbook atau sistem navigasi manual yang disiapkan penyelenggara event yang dianggap tak sesuai. Bagi Attiyah, itu bukan alasan tepat. Lantaran bagi pereli asal Qatar itu dan navigatornya, Matthieu Baumel, itu dianggap masalah karena banyak pereli yang hanya ikut di Dakar Rally saja. 

"Itu bukan masalah bagi kami. Di luar Dakar Rally kami aktif mengikuti ajang balap lintas negara lainnya. Sehingga kami menganggap ini bukan masalah. Sistem navigasi error itu sudah biasa, di saat itu pula dibutuhkan kepiawaian navigator untuk membaca situasi dan memperbaiki roadbook."

Saat ini, Attiyah memuncaki klasemen pereli Dakar Rally Arab dengan selisih dari Yazeed Rajhi sebesar 50 menit. Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri baginya dan Ia siap menyambut titel juara dunia keempatnya di ajang ini. Namun apa pun bisa terjadi, dan Ia harus tetap waspada. 


(uda)