Autogear.id - Jakarta Auto Week (JAW) 2022 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah berakhir pada Minggu, 20 Maret 2022 lalu. Penyelenggaraan perdana JAW memberikan kesan pertama yang sangat positif untuk pengunjungnya.
Pelaksanaan pameran otomotif pertama pada tahun ini mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dukungan tersebut ditunjukkan dengan kehadiran Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier dan Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.
Menteri Perindustrian mengatakan dalam sambutannya pada pembukaan pameran ini, stimulus relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) telah terbukti ampuh. Terutama menopang pertumbuhan dan peningkatan produksi kendaraan. Dan Menteri Perindustrian juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta JAW 2022 yang hadir dengan berbagai penawaran terbaik.
“Kami mendorong dapat dihadirkannya beragam penawaran terbaik bagi pengunjung dan dapat meningkatkan nilai transaksi produk otomotif. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pihak penyeleggara dan seluruh exhibitors Jakarta Auto Week 2022,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.
Baca Juga:
Akhiri Paceklik Kemenangan, Ferrari Kuasai Podium 1-2 di F1 Bahrain
Pada kesempatan yang sama GAIKINDO juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari pemerintah untuk industri otomotif Indonesia dan khususnya kepada JAW 2022. “Penyelenggaraan perdana JAW tidak lepas dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian, untuk itu Kami sangat berterima kasih” ujar Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.
Transaksi Menjadi Tujuan Utama JAW
Menurut GAIKINDO pameran JAW memang berbeda dari GIIAS. Jika penyelenggaraan GIIAS adalah ajang tempat para peserta memperkenalkan kendaran terbaru, kendaraan konsep, serta berbagai teknologi otomotif terdepan, JAW memiliki pendekatan yang berbeda dimana yang menjadi fokus adalah kegiatan penjualan. Dan pada peyelenggaraan JAW kali ini para peserta menawarkan berbagai program spesial, termasuk juga penawaran relaksasi PPnBM.
Hingga hari terakhir penyelenggaraan sebanyak 53.164 pengunjung tercatat menghadiri JAW 2022. Menurut GAIKINDO jumlah tersebut menjadi sebuah pencapaian tersendiri, karena para pengunjung yang hadir tersebut merupakan calon pembeli potensial dari para peserta. ”Pencapaian angka pengunjung sebesar 53 ribu pada penyelenggaraan JAW yang baru lahir ini Kami rasa sangat baik, dan merepresentasikan pembeli potensial di Jakarta saat ini,” tutur Nangoi.
Ia memaparkan sebuah ilustrasi untuk menjelaskan hal tersebut, ”Saat ini tersebar kurang lebih seribu showroom dealer milik para peserta di Jakarta, yang dalam satu hari dikunjungi oleh 6-7 calon pembeli. Maka jika dihitung selama 9 hari, sesuai dengan waktu penyelenggaraan JAW berarti terkumpul sekitar 54 ribu hingga 63 ribu pengunjung. oleh karena itu angka pengunjung yang dicapai JAW dinilai cukup bagus dan sesuai dengan jumlah pembeli potensial yang ada di Jakarta,” jelas Nangoi.
Baca Juga:
Hujan Buyarkan Target Bastiannini, 5 Poin Ampuh Jaga Posisi di Klasemen
Bakal Rutin Setiap Tahun
GAIKINDO juga mengkonfirmasi bahwa rencana kedepannya, Jakarta Auto Week akan menjadi acara pameran berkelanjutan GAIKINDO untuk menjaga gairah pasar otomotif di Indonesia. “Kami berharap seluruh penawaran dan kemudahan yang hadir pada JAW tahun ini dapat meyakinkan seluruh pengunjung untuk kembali mengunjungi JAW pada tahun depan dan mendapatkan produk terbaru dengan penawaran terbaik dari Industri otomotif Indonesia,” tutup Ketua III GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsjah.
(uda)