Kepoin Fitur Unggulan Sang Pemimpin, Yamaha Aerox Alpha

Ragam fitur unggulan Yamaha Aerox Apha
Ragam fitur unggulan Yamaha Aerox Apha

Autogear.id - Yamaha Motor Indonesia sukses meluncurkan Aerox Alpha, di penghujung 2024. Membawa segudang pembaruan, menjadikannya banyak diburu konsumen.

Besarnya antusiasme konsumen dapat dilihat, ketika sesaat usai peluncuran (18/12), ratusan Aerox Alpha langsung terjual secara online melalui salah satu aplikasi.

Laiknya skutik anyar, yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan mobilitas dan gaya hidup  konsumen muda, kendaraan ini dibekali ragam fitur unggulan.

Baik dari sudut desain, performa mesin, maupun aneka fitur lain, yang diklaim dapat memberi pengalaman berkendara skutik super sport di level tertinggi.

Disampaikan President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM), Dyonisius Beti, Aerox Alpha membawa banyak sekali upgrade di berbagai lini.

“Sesuai namanya, membawa istilah dan simbol ‘Alpha’, skutik ini tak hanya menawarkan desain, tetapi juga fitur-fitur yang secara emosional merefleksikan karakter Alpha, alias pemimpin,” tuturnya.

Lanjut Dyon, Yamaha membawa karakter Youngster, juga Brave, Aggresive, Dynamic, Anti-Mainstream, Stand Out dan Speed. Semua dituangkan dalam konsep pengembangan motor ini.

Lantas keunggulan apa saja yang bikin skuter matik ini dapat merefleksikan karakter anak muda, sebagai generasi sangat kuat serta feeling berkendara skuter super sport?

Desain Super Sport

Keunggulan pertama sekaligus identitas kuat terletak pada desain. Generasi ketiga Aerox ini tampil sangat sporty dan aerodinamis. Layaknya motor balap legendaris Yamaha YZF-R1M.

Kesan motorsport yang agresif kian kuat berkat tarikan desain lampu depan dan belakang yang terkesan lebih tajam. Merupakan ciri khas R-DNA Yamaha dan sudah berteknologi full LED.

Bahkan untuk lampu depan ditambahkan Dual Projector Lamp berbentuk kotak, untuk meningkatkan kualitas pencahayaan yang lebih terang dan fokus.

Teknologi YECVT

Selain desain, Aerox Alpha bermesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru, teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT). Memberi sensasi berkendara Turbo, seperti kakaknya, Nmax Turbo.

Mesin dari produk terbaru pabrikan berlogo garpu tala ini menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW/8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6.500 rpm.

Adanya teknologi tersebut, membuatnya kantongi fitur Riding Mode dengan 2 opsi berkendara. Meliputi T-Mode, untuk gaya berkendara lebih santai. Cocok buat mobilitas perkotaan.

Serta opsi berkendara S-Mode, untuk gaya berkendara lebih responsif dan agresif. Sesuai untuk kebutuhan sunmori maupun racing.

Bukan hanya Riding Mode, teknologi YECVT juga membuatnya punya fitur Y-Shift 3 tingkatan; 1(Low), 2(Medium), 3(High). Membantu pengguna berakselerasi dan deselerasi lebih cepat.

Speedometer Atraktif

Fitur lain yang membantu wujudkan sensasi berkendara racing, adanya speedometer dengan tampilan 3 Mode. Meliputi Main Display, Tacho Meter Visualization dan Track Theme.

Khusus Track Theme, pengendara bisa memperoleh informasi berupa jumlah lap dan timing berkendara untuk melihat best time.

Selain itu, speedometer juga dilengkapi teknologi Photoelectric Sensor. Background-nya dapat berubah warna putih atau hitam, secara otomatis (adaptif) maupun manual. Bermanfaat kala Sunmori atau Night-ride.

Speedometer-nya juga dilengkapi TFT Infotainment Display, terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect yang sudah mengadopsi CCU 2.0 atau versi terbaru.

Di dalamnya menampilkan informasi dan hiburan. Seperti data berkendara, kondisi motor, informasi cuaca, lokasi parkir terakhir, dan pemutaran musik. Belum lagi tampilan sistem navigasi Turn by Turn, terintegrasi dengan Google Maps, dan banyak lagi.

Suspensi Kokoh

Area kaki-kakinya ikut mendapat sentuhan pembaruan, guna meningkatkan stabilitas berkendara layaknya motor sport.

Bagian depan, inner tube suspensi dibuat lebih besar. Sebelumnya diameter 26 mm menjadi 30 mm. Pada suspensi bagian belakang juga sudah menggunakan tabung peredam.

Penguatan Rangka

Stabilitas berkendaranya turut ditingkatkan melalui penguatan rangka pada center tunnel. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, center tunnel motor ini punya dimensi lebih tebal.

Yaitu sebelumnya 11.7mm, sekarang 20.5mm, dan area pengelasan lebih banyak. Efeknya, motor ini terasa lebih rigid, untuk menunjang pengendalian lebih baik.

Optimalisasi Pengereman

Guna menunjang gaya berkendara agresif, fitur keselamatan juga dihadirkan. Sistem pengeremannya sudah dilengkapi Double Disc Brake di kedua roda.

Pada varian tertinggi, tersedia Antilock-Braking System (ABS), mencegah roda terkunci saat ngerem mendadak. Begitupula Traction Control System (TCS), ban anti selip saat berakselerasi di permukaan jalan licin.


(uda)