Autogear.id - New Honda ADV kini mengusung mesin 160 CC. Mesin ini sebelumnya sudah digunakan di PCX dan Vario 160 cc beberapa waktu lalu, tentu tinggal menunggu versi terbaru dari ADV. Tak menunggu hingga akhir tahun, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160 hari ini, Jumat 1 Juli 2022. Perubahannya sekilas memang tak begitu mencolok, namun jika dicermati lebih detail ubahannya cukup banyak.
Tak hanya punya wajah baru, kini juga lebih bertenaga dengan mesin baru, jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur hightech seperti HSTC (Honda Selectable Torque Control). Tak berbeda dengan mesin yang digendong PCX 160 dan Vario 160, Skutik ini semakin bertenaga melalui mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus) yang menyuguhkan performa responsif dalam berkendara harian maupun ekaplorasi jalan semi offroad.
President Director AHM, Keiichi Yasuda menegaskan New Honda ADV160 hadir sebagai jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan. Pembaruan yang disematkan semakin memberikan kebanggaan dalam berkendara, baik melalui desain urban explorer yang tangguh dan kokoh, performa responsif mesin baru, kenyamanan yang meningkat, hingga penyematan fitur-fitur canggih.
”Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV160 semakin berbeda, baik digunakan untuk menjelajah dengan kegembiraan atau juga penggunaan harian. Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan,” ujar Yasuda.
Baca Juga:
New BMW 530i Touring M Sport Business, Lebih Ganteng dan Atletis
Lalu bagian apa yang berubah selain mesin? Dituturkan oleh Honda ADV160 Large Project Leader - Honda Motor Co.Ltd, Yasuo Shinde di momentum peluncuran motor baru ini, banyak hal yang mereka ubah untuk membuat motor ini lebih nyaman dikendarai.
Desain Baru
Motor ini mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas. Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi.
Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang. Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.
Adjustabe Windshield Lebih Tinggi
Two step adjustabe windshield-nya membuat aerodinamika semakin baik. Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.
Baca Juga:
GIIAS Talk, Bakal Obrolan Vital Pelaku dan Pengguna Kendaraan Listrik
Jok Lebih Rendah
Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.
Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.
Kaki-Kaki Masih Sama
Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.
Semakin Bertenaga dan Kaya Fitur
New Honda ADV160 didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru tersebut mampu mendukung gaya berkendara pengguna dengan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW @8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 NM @6.500 rpm. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.
Baca Juga:
SKY Jadi Salah Satu Peluru Yamaha Hadapi Persaingan
Spidometer Baru
Demi kemudahan berkendara, panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter. Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya).
Kemudian ada juga konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B. Pada sisi keamanan, New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.
Didukung Fitur Keselamatan Tinggi
Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, New Honda ADV160 akan semakin membuat pengendaranya merasa aman dan nyaman. Khusus tipe ABS ini, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi ban selip dapat dihindari.
Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.
Baca Juga:
Baru Dibentuk, Bikers CRF150L Sumbawa Langsung Serbu MXGP Samota
ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.
New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp39.250.000 (On The Road Jakarta). Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp36 juta (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni hitam, merah dan putih.
(uda)