Autogear.id – Ketika tiga juara Honda Modif Contest (HMC) berkolaborasi bersama para modifikator papan atas, menghasilkan karya modifikasi motor yang kreatif dan inspiratif. Merupakan puncak gelaran Honda Dream Ride Project (HDRP), yang mewadahi para modifikator dalam menghadirkan karya.
Pada HDRP tahun ke-6 ini, para peserta menggunakan Honda PCX160, yang diklaim PT Astra Honda Motor (AHM) mengusung gaya generasi masa kini. Dibekali dimensi bodi yang besar, memiliki banyak ruang untuk berkreasi. Ragam fiturnya menawarkan nilai lebih dalam modifikasi.
Kegiatan ini diikuti tiga modifikator berbakat, I Putu Alit Giri Wirawan sebagai National Championship Free For All (FFA) HMC 2022. Sajikan karya gaya Hot Rod kuat, berkesan American Style.
Menemani I Putu Alit, Deddy Dermawanto sebagai juara kelas National Champion Sport melahirkan modifikasi PCX160 bergaya futuristik. Mengedepankan konsep Street Performance, gaya jalanan yang sporty. Cocok buat inspirasi anak muda yang ingin tampil Urban Style.
Sebagai juara National Champion Matic & Cub HMC 2022, Ruslan berhasil membangun PCX160 menjadi Techno Vibe. Kombinasikan warna silver dan hijau, menguatkan karakter skutik berteknologi tinggi.
Ketiganya ditantang sejak November 2023, untuk mewujudkan karya modifikasi sesuai impian yang diinginkan. Dalam pengerjaannya, para peserta berkesempatan belajar langsung dari mentor-mentor modifikasi handal.
Sebut saja nama Rizky Pratama dari Lemb inc, Hendra Cahyono dari Pap&Mam Modified, serta pendampingan dari tim teknis AHM. Selain tampilan, peserta juga dituntut menghadirkan karya modifikasi yang aman dan nyaman saat dikendarai.
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, HDRP merupakan salah satu komitmen untuk mendukung tumbuhnya modifikasi motor di Indonesia, sesuai karakter dan mimpi para penggunanya.Diharapkan mampu menjadi inspirasi masyarakat, khususnya pecinta modifikasi motor.
Pada HDRP, peserta dibimbing untuk melakukan beberapa tahapan modifikasi. Seperti pemilihan konsep, desain modifikasi, pemilihan material, mengatur jadwal pengerjaan, manajemen biaya, hingga aspek keamanan. Karya para peserta diuji kelayakan dan kenyamanannya saat dikendarai dari Yogyakarta hingga finish di Pacitan.
“Saya sangat senang diberi kesempatan ini. Banyak tantangan yang dihadapi untuk melahirkan karya modifikasi. Membuat saya belajar banyak dari mentor berpengalaman dalam program ini,” ujar Deddy Dermawanto.
Honda PCX160 mengadopsi mesin 160cc, 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), berpendingin cairan. Hasilkan tenaga maksimal 11,8 kW @8500 rpm, torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Memiliki luggage box kapasitas 30 liter, terbesar di kelasnya. Didukung ban tubeless lebar ukuran 110/70-14 (depan) dan 130/70-13 (belakang), dengan desain velg Y Shaped 5-Spoke warna Burnt Titanium untuk tipe ABS.
(uda)