Tim Red Bull Racing Honda Masih Puncaki Klasemen Sementara Pembalap dan Konstruktor

Tim Red Bull Racing Honda Masih Puncaki Klasemen Sementara Pembalap dan Konstruktor
Tim Red Bull Racing Honda Masih Puncaki Klasemen Sementara Pembalap dan Konstruktor

Autogear.id - Tim Red Bull Racing Honda memimpin klasemen sementara di kategori pembalap dan juga konstruktor, saat memasuki paruh kedua musim balap Formula 1 (F1) 2024. Tim ini memimpin klasemen konstruktor lewat capaian 408 poin. Sementara pada klasemen pembalap, Max Verstappen masih bertengger di puncak klasemen dengan 277 poin.

Hingga saat ini, Red Bull Racing Honda berhasil kumpulkan tujuh kemenangan dari 14 balapan yang sudah berjalan di paruh pertama musim. Adapun paruh kedua musim ditandai seri balap Grand Prix Belanda yang digelar di sirkuit Zandvoort, Minggu (25/8).

Seri balap GP Belanda sendiri menjadi agenda balap spesial untuk Max Verstappen, dimana juara dunia F1 tiga kali asal Belanda tersebut akan berlomba secara langsung di hadapan para pendukungnya. Tim Red Bull sendiri sebelumnya telah berhasil memenangkan GP Belanda sebanyak tiga kali berturut-turut. Yaitu pada 2021, 2022 dan 2023, yang dipersembahkan pembalap papan atas Max Verstappen.

Seri balap selanjutnya akan berlangsung di Italia kemudian berlanjut ke Benua Asia, yaitu di Azerbaijan, Singapura, Qatar, kemudian di Benua Amerika, yaitu di negeri Uncle Sam Amerika Serikat, Meksiko dan Brasil.

Sementara GP Abu Dhabi dijadwalkan untuk menjadi seri penutup musim balap F1 tahun 2024. Balapan akan berlangsung di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 8 Desember 2024 mendatang.

Genap 60 Tahun Partisipasi Honda di Balap F1

Diketahui, tahun 2024 ini Honda juga merayakan 60 tahun partisipasinya di ajang balap F1. Hingga saat ini, Honda masih menjadi mitra teknis dengan mensuplai unit daya (power unit) Honda RBPT, untuk dua tim. Yaitu tim Oracle Red Bull Racing dan tim Visa Cash App Racing Bulls (VCARB). Kemitraan teknis tersebut masih akan berjalan hingga akhir tahun 2025.

Team Principal Red Bull Racing, Christian Horner mengatakan, mereka senang bisa mempertahankan momentum serta keunggulan pada paruh musim pertama kemarin. “Kami terus berupaya mempertahankan apa yang sudah kami capai, dengan sebaik dan semaksimal mungkin pada setiap balapan paruh musim kedua yang dimulai pada seri GP Belanda,” pungkas Christian optimistis.


(uda)