Wajah Baru Perkuat Tim Astra Honda di Ajang MotoGP Aragon Spanyol 

Wajah Baru Perkuat Tim Astra Honda di Ajang MotoGP Aragon Spanyol  - AHM
Wajah Baru Perkuat Tim Astra Honda di Ajang MotoGP Aragon Spanyol  - AHM

Autogear.id – Pembalap binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama bakal tampil di balapan dunia GP Moto3, di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 1 September 2024 mendatang. Pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah ini bertekad mempersembahkan performa terbaik pada balapan yang menjadi rangkaian balap dunia MotoGP.

Mengantongi bekal sebagai pembalap satu musim penuh, di ajang FIM JuniorGP. Ajang balap yang juga menggunakan beberapa sirkuit yang sama dengan MotoGP. Menjadikan Arbi sebagai satu-satunya pembalap tanah air di puncak balap dunia.

Sebelumnya Arbi telah bersaing di GP Moto3 seri Catalunya, sebagai wildcard, pada Mei lalu. Saat itu Arbi finish di posisi ke-23, dan GP Catalunya menjadi tantangan tersendiri baginya. Lantaran cidera yang baru saja selesai ia derita. Nantinya pada balapan GP Moto3, Arbi dipastikan bersaing dengan para pembalap dunia lain di ajang Honda Team Asia.

“Terima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team dan Honda Team Asia yang telah memberi peluang emas ini. Saya sangat antusiasme dan akan mengerahkan kemampuan terbaik, dalam kesempatan yang luar biasa ini,” ujar Arbi.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, selalu siap mendukung pembalap muda di Indonesia, untuk meraih mimpi di ajang balap dunia. Menurutnya potensi dan daya juang Arbi di berbagai ajang balap yang telah diikutinya, diharapkan dapat menjadi  bekal bersaing di balap dunia.

“Mari kita dukung Arbi dalam mengharumkan nama bangsa di pentas balap dunia. Kegigihan dan jiwa kompetitif yang dimilikinya membuat kita yakin, dia dapat bersaing dengan para pembalap Moto3 World Championship yang berpengalaman,” ujarnya.

Arbi merupakan jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2019. Menapaki jenjang balap yang disusun Astra Honda Motor (AHM), Arbi memulai karir balap internasional di ajang Asia Talent Cup musim 2021. Saat berusia 15 tahun, potensi menjanjikan dipertontonkannya. Sehingga Arbi berkesempatan tarung di ajang FIM JuniorGP.

Selain Arbi, di dalam ajang kejuaraan balap dunia tersebut juga terdapat alumni AHRS lain. Yakni Mario Suryo Aji yang bersaing secara reguler di kelas Moto2 World Championship bersama Honda Team Asia. 

Kesempatan sebagai pembalap wildcard maupun reguler di kelas Moto2 dan Moto3, telah dilakoni rangkaian alumni AHRS. Selain Arbi dan Mario, pembalap di ajang ini yakni Andi Farid Izdihar, atau biasa dipanggil Andi Gilang, serta pembalap Gerry Salim. Sekarang ini, alumni AHRS lain tengah berjuang di ajang kompetisi bergengsi, seperti Asia Talent Cup dan Asia Road Racing Championship.


(uda)